Keindahan Panorama Curug Pengantin Tegal, Bikin Kamu Makin Betah

Bicara mengenai Tegal, mungkin pikiran kita tertuju pada warteg (Warung Tegal) yang banyak kita temui dimana-mana. Nah, Tegal sendiri merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan pantai utara Jawa.

Kabupaten Tegal hingga saat ini merupakan sebagai sentra penghasil teh di Indonesia, dan minumannya yang khas dan cukup terkenal sampai saat ini yakni Teh Poci. Namun uniknya, bukan hanya teh poci saja yang terkenal di Tegal. Jika Anda menelusuri kawasan Tegal, Anda  pasti akan kagum dengan keindahan objek wisata alamnya yang eksotis.

Banyak sekali wisata alam di Tegal yang kekinian dan ngehits, yang cocok untuk tujuan berlibur bersama teman maupun keluarga. Salah satu wisata alam di Tegal yang kini banyak digandrungi wisatawan lokal maupun mancanegara yakni wisata alam curug (air terjun).

Di kawasan dataran tinggi Kabupaten Tegal banyak sekali curug yang masih asri salah satunya yaitu curug pengantin. Layaknya seperti seorang pengantin, curug ini memiliki dua pancuran yang saling bersebelahan maka dari itu masyarakat sekitar memberi nama curug pengantin.

Curug Pengantin tegal

Namun uniknya, walaupun kedua curug saling bersebelahan tapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk curug yang kanan memiliki arah aliran air yang cenderung turun ke bawah dan curug sebelah kiri memiliki arah aliran yang cenderung memancarkan air agak deras.

Walaupun berbeda arusnya ataupun arah alirannya, tapi air pada curug tersebut menuju satu kolam yang sama. Nah, kebayangkan melalui curug ini kita bisa belajar, walaupun berbeda-beda ras ataupun warna kulit sebagai manusia kita harus saling menghargai dan hidup rukun.

Kolam air yang menjadi muara curug ini pun cukup lebar dan juga tidak terlalu dalam, namun sayangnya disini tidak diperbolehkan untuk mandi ataupun bermain air dari dekat hal ini untuk keselamatan wisatawan. Namun, disini Anda bisa menikmati keindahan curug, bagi yang suka selfie banyak sekali angle yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto selfie Anda.

Lokasi Obyek Wisata Curug Pengantin

Obyek wisata alam curug pengantin secara administratif masuk ke dalam wilayah Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.  Lokasi curug yangi tersembunyi di balik bukit menjadikan curug ini belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan kecuali warga sekitar.

Rute Perjalanan ke Obyek Wisata Curug Pengantin

Rute perjalanan untuk menuju ke lokasi wisata jika memakai kendaraan pribadi atau sepeda motor dari arah Kota Tegal Anda bisa mengikuti jalan utama yang menuju ke arah Bumiayu. Pada pertigaan Yomani, Lebaksiu, setelah itu belok kiri dan ikuti jalan utama sampai di pertigaan Tuwel.

Sesampai di pertigaan Tuwel, lalu ambil arah kanan yang menuju ke arah Bumijawa. Dan sesampainya di SMAN 1 Bojong, lalu ambilah arah kanan jalan dan masuk Dukuh Kopigandu. Nah, dari sini Anda bisa langsung jalan kaki untuk menuju lokasi dengan melewati jalan setapak serta pesawahan sekitar 500 meter.

Setelah melewati pesawahan, dari kejauhan curug pengantin sudah bisa Anda lihat, untuk sampai sampai ke lokasi curug Anda harus menyebrangi sungai. Saat menyebrang sungai Anda harus hati-hati, karena arus sungai sangat deras.

Panorama Curug Pengantin
Credit By. Maz Pandji

Trek menuju curug pengantin bumijawa
Credit by. Salam Ngapak

Tips Berlibur ke Obyek Wisata Curug Pengantin

Fasilitas penunjang di curug pengantin terbilang masih minim, sebelum berangkat pastikan perlengkapan seperti bekal, air mineral, obat-obatan, dan lain-lain sudah dipersiapkan. Dan pastikan Anda harus tetap waspada dan hati-hati saat melakukan tracking menuju lokasi curug.

Selain itu, patuhi peraturan di lokasi wisata yakni terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi wisatawan diantaranya  tidak boleh mengunjungi air terjun lebih dari pukul 16.00 Wib, jangan berbuat mesum, jangan mandi di area air terjun serta tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Credit By. Salam Ngapak

Sumber:
jalantraveller.blogspot.com
wikipedia.id
trivacas indonesia

Keindahan Panorama Curug Pengantin Tegal, Bikin Kamu Makin Betah
  1. Air terjun curug pengantin ini rutenya menuju ke pemandian air panas guci bukan, mas ?.

2. ini adalh tempat wisata yang sangat cantik dan sangat nyaman untuk di kunjungin melepas pennat