Explore Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor

Gunung Kandaga? Yahh saya sendiri tau dari salah satu postingan di Instagram yang di share di Group Whatsapp, sekejap terlihat wow.. sampai akhirnya kami memutuskan untuk menjelajahinya ...
Gunung Kandaga memiliki ketinggian sekitar 312 MDPL terletak di Desa Antajaya, Tanjungsari Bogor, satu arah kalau kalian pernah ke Gunung Batu Jonggol, dari tempat saya tinggal (Planet Cikarang) Perjalanan cuman memakan waktu 1,30 Jam. Dengan menggunakan sepeda motor kesayangan sekitar pukul 05:30 pagi saya berangkat, alih-alih biar bisa santai, belum ketemu panas dan macet.
Lanscape Gunung Kandaga Bogor
Sampai disana sekitar pukul 08:00 pagi, sempet nyasar kejauhan tapi berkat tanya-tanya sama warga setempat akhirnya ketemu juga, buat kalian yang juga mau kesana sebelum sampai di Desa Antajaya kalian akan menemukan sebuah pertigaan dimana disitu ada sebuah Indomaret, dari Indomaret kalian turun saja menuju Desa Antajaya dari situ tidak jauh kok, kalian bisa tanya saja karena belum ada papan petunjuknya.

Sebelum masuk kejalur pendakian kalian akan melewati sebuah lahan yang sedang akan dibangun untuk pesantren, yang nantinya akan menjadi sebuah wisata religi disana (Februari 2020) karena masih sepi pengunjung kamipun menitipkan sepedar motor ke warga yang sedang berjaga disitu, kemudian kami mulai nanjak sekitar pukul 10:00 ya karena kami santai-santai dulu, karena perjalanan ke puncak hanya sekitar 30menitan saja.

FYI belum ada warung disanan dan belum ada simaksinya juga tapi cukup bayar parkir aja sepantasnya.

Perjalanan menuju puncak Kandaga pertama kalian akan melewati sebuah perkebunan dimana terdapat banyak pohon rambutan dan jeruk, Alhamdulillah waktu itu lagi musim rambutan hehehe, yang perlu diperhatikan ketika melewati kebun adalah banyaknya nyamuk, fix nyamuk-nyamuk disini sangat ganas-ganas, kehadiran kami adalah makan lezat buat mereka, naasnya saya yang hanya menggunakan celana dan kaos pendek saja langsung menjadi cemilan buat mereka๐Ÿ˜ฅ
Selamat datang di Gunung Kandaga
Setelah melewati perkebunan tantangan selanjutnya yaitu kita harus melwati padang ilalang yang tingginya lebih dari kita, you know daun ilalang mempunyai duri duri yang lembut yang bila terkena kulit akan terasa sensitif ditambah dengan udara yang pengap, gerah, kalian akan merasa perih dan gatal yang cukup menyiksa ๐Ÿ˜ฐ
Padang Ilalang gunung kandaga
Ditengah perjalanan saya merasa keringat yang keluar bukan keringat biasa, rasanya dingin, perut enegh, mata mendadak sayup berkunang-kunang ๐Ÿ˜” sayapun memutuskan untuk beristirahat. Fix saya sakit ๐Ÿ˜ฐ mungkin gara-gara berangkat terlalu pagi dan belum boker dengan tuntas... ๐Ÿ˜ญ

Artikel Terkait : Cerita Pendakian Gunung Sanggabuana Karawang

Sayapun kemudian memaksakan untuk jalan supaya segera bisa sampai di puncak, ditempat yang enak dan bisa istirahat disana, namun ternyata lokasi di puncak tidak seperti yang ada dalam bayanganku, cuman hanya ada 1 pohon kecil yang bisa menjadi tempat untuk saya berteduh, sementara teman-teman yang lain asik foto-foto.
Puncak Gunung Kandaga
Hammockan di Gunung Kandaga
Puncak Gunung Kandaga 312 MDPL

Entahlah hari itu angin sama sekali tidak ada membuat suasana sangat gerah, padahal sedang berada di puncak alam bebas, karena sangkin tidak nyamannya dengan kaki dan leher yang gatal-gatal karena terkena ilalang sayapun melepas baju dan bodo amat hehehe

Tips ke Gunung kandaga
1. Pakai Celana Panjang
2. Baju Panjang
3. Cemilan dan Air karena belum ada warung disana
4. Perlengkapan mandi wkwkwkwk

Kurang lebih pukul 13:00 kami turun dan langsung mandi karena badan pada gatal semua.

Baca Juga : Mendaki Gunung : Celana Pendek atau Celana Panjang.